Influents River is the river where the water come fill groundwater availability | Sand dune is a hill or mound of sand formed from sand that blown by wind | Climate is the synthesis of weather events over a long period | Graben is a fault block which is decreasing in between the two fault blocks that have the increase by horst | Cinder Cones Mountain is the simplest type of volcano formed by the particles and lava issued by a single vent | Trade winds is the general pattern of easterly winds in the tropics near the equator |

12 Februari 2009

Batuan Sedimen

Batuan Sedimen adalah batuan beku atau metamorf yang mengalami proses litifikasi yaitu proses kompaksi dan sementasi. 

penjelasan lebih lengkap batuan sedimen click here, batuan sedimen klastik click here

Jenis-jenis Batuan Sedimen antara lain yaitu:

1. BREKSI

Breksi memiliki butiran-butiran yang bersifat coarse yang terbentuk dari sementasi fragmen-fragmen yang bersifat kasar dengan ukuran 2 hingga 256 milimeter. Fragmen-fragmen ini bersifat runcing dan menyudut.  Fragmen-fragmen dari Breksi biasanya merupakan fragmen yang terkumpul pada bagian dasar lereng yang mengalami sedimentasi, selain itu fragmen juga dapat berasal dari hasil longsoran yang mengalami litifikasi.
Komposisi dari breksi terdiri dari sejenis atau campuran dari rijang, kuarsa, granit, kuarsit, batu gamping, dan lain-lain.

2. KONGLOMERAT

Konglomerat hampir sama dengan breksi, yaitu memiliki ukuran butir 2-256 milimeter dan terdiri atas sejenis atau campuran rijang, kuarsa, granit, dan lain-lain, hanya saja fragmen yang menyusun batuan ini umumnya bulat atau agak membulat.
Pada konglomerat, terjadi proses transport pada material-material penyusunnya yang mengakibatkan fragmen-fragmennya memiliki bentuk yang membulat.

3. SANDSTONE

Sandstone atau batu pasir terbentuk dari sementasi dari butiran-butiran pasir yang terbawa oleh aliran sungai, angin, dan ombak dan akhirnya terakumulasi pada suatu tempat. Ukuran butiran dari batu pasir ini 1/16 hingga 2 milimeter. Komposisi batuannya bervariasi, tersusun terutama dari kuarsa, feldspar atau pecahan dari batuan, misalnya basalt, riolit, sabak, serta sedikit klorit dan bijih besi. Batu pasir umumnya digolongkan menjadi tiga kriteria, yaitu Quartz Sandstone, Arkose, dan Graywacke.

  • QUARTZ SANDSTONE
Quartz sandstone adalah batu pasir yang 90% butirannya tersusun dari kuarsa.Butiran kuarsa dalam batu pasir ini memiliki pemilahan yang baik dan ukuran butiran yang bulat karena terangkut hingga jarak yang jauh. Sebagian besar jenis batu pasir ini ditemukan pada pantai dan gumuk pasir.


  • ARKOSE
Arkose adalah batu pasir yang memiliki 25% atau lebih kandungan feldspar. Sedimen yang menjadi asal mula dari Arkose ini biasanya hanya mengalami sedikit perubahan secara kimia. Sebagian arkose juga memiliki sedikit butiran-butiran yang  bersifat coarse karena jarak pengangkutan yang relatif pendek.


  • GRAYWACKE

Graywacke adalah salah satu tipe dari batu pasir yang 15% atau lebih komposisinya adalah matrix yang terbuat dari lempung, sehingga menghasilkan sortasi yang jelek dan batuan menjadi berwarna abu-abu gelap atau kehijauan.

4. SHALE
Shale adalah batuan sedimen yang memiliki tekstur yang halus dengan ukuran butir 1/16 hingga 1/256 milimeter. Komposisi mineralnya umumnya tersusun dari mineral-mineral lempung, kuarsa, opal, kalsedon, klorit, dan bijih besi. Shale dibedakan menjadi dua tipe batuan, yaitu batu lanau dan batu lempung atau serpih. Batu lanau memiliki butiran yang berukuran anara batu pasir dan batu serpih, sedangkan batu lempung memiliki chiri khas mudah membelah dan bila dipanasi menjadi plastis.

5. LIMESTONE

Limestone atau batu gamping adalah batuan sedimen yang memiliki komposisi mineral utama dari kalsit (CaCO3). Teksturnya bervariasi antara rapat, afanitis, berbutir kasar,  kristalin atau oolit. Batu gamping dapat terbentuk baik karena hasil dari proses organisme atau karena proses anorganik. Batu gamping dapat dibedakan menjadi batu gamping terumbu, calcilutite, dan calcarenite.


  • CALCARENITE

Calcarenite memiliki ukuran butir 1/16 hingga 2 milimeter, batuan ini terdiri dari 50% atau lebih material carbonate detritus, yaitu  material yang  tersusun terutama atas fosil dan oolit.


  • CALCILUTITE
 Calcilutite terbentuk jika ukuran butiran dari calcarenite berubah menjadi lebih kecil hingga kurang dari 1/16 milimeter yang kemudiaan mengalami litifikasi.


  • GAMPING TERUMBU

Batu Gamping terumbu terbentuk karena aktivitas dari coral atau terumbu pada perairan yang hangat dan dangkal

6. SALTSTONE

Saltstone terdiri dari mineral halite (NaCl) yang terbentuk karena adanya penguapan  yang biasanya terjadi pada air laut. Tekstur dari batuan ini berbentuk kristalin.

7. GIPSUM

Gipsum tersusun atas mineral gipsum (CaSO4.H2O). Sama seperti dengan Saltstone, batuan ini terbentuk karena kandungan uap air yang ada menguap. Tekstur dari batuan ini juga berupa kristalin.

8. COAL

Coal atau batu bara adalah batuan sedimen yang terbentuk dari kompaksi material yang berasal dari tumbuhan, baik berupa akar, batang, maupun daun. Teksturnya amorf, berlapis, dan tebal. Komposisinya berupa humus dan karbon. Warna biasanya coklat kehitaman dan pecahannya bersifat prismatik.

Batu bara terbentuk pada rawa-rawa pada daerah beriklim tropis yang airnya mengandung sedikit oksigen. Bagian dari tumbuhan jatuh dan mengendap di dasar  rawa semakin lama semakin bertambah dan terakumulasi. Material tersebut lama-kelamaan terkubur oleh material di atasnya sehingga tekanannya bertambah dan air keluar, dan kemudian mengalami kompaksi menjadi batu-bara.




penjelasan lebih lengkap batuan sedimen click here, batuan sedimen klastik click here



Related Posts



31 komentar:

  1. waaaa....
    km mnylmatkan hdupQ!!

    BalasHapus
  2. Makasi banyak ya.....akhirnya anak saya bisa mendapatkan gambar-2 yang bagus wat tugas dari gurunya. Tapi sayang....batuan beku ang batuan metamorfnya kok ga da???Padahal...anak saya butuh banget gambar2na...But tanks ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sperti anak saya berkat ini anak ku bisa mengerjakn tugasnya

      Hapus
  3. @pupu thea : tengs uda visit. itu aku tugas kuliahku. emang anak mbak kelas berapa?

    BalasHapus
  4. thanks bro gw guru geografi butuh banget gambar & materi2 batuan

    BalasHapus
  5. mohon infonya,

    Dimana saya bisa mendapatkan sampel bebatuan untuk keperluan sekolah anak saya (SMP)
    e-mail: iim.djohari@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. datang z ke lipi karang sambung semua komplite di situ

      Hapus
  6. waduhhhhh kok gak arti batuan sedimen organik & non organik

    BalasHapus
  7. Yo..! Makasih banyak infonya..

    BalasHapus
  8. Thx..gambar2nya..thx bgt..lengkap,jd gw ga susah2..hehe..thx yuph..

    BalasHapus
  9. Betty Permatasari Jatmika14 Desember, 2009 04:29

    maksii ea...tapi ini kurang lengkap soalnya nggak ada persebaran batu konglomeratnya dan manfaatnya..tapi alhamdulillah...lumayan bagus...

    BalasHapus
  10. lengkap sih, tapi sayang kok tidak gratis dan resolusi gambarnya tidak full HD ...

    BalasHapus
  11. Makasih buat yang buat blog,, karena udah mbolehin qta2 kopi paste Batuan bekunya.. Thx..

    BalasHapus
  12. Dwi Imoet, Maniezz09 Mei, 2010 10:18

    thank you... ya yang dah bwat blog nie q sangat butuh banget batuan2 beku and batuan2 sediment tapi batuan2 metamorf nya mna itu q juga butuh banget

    BalasHapus
  13. @all: akan saya update di posting baru yang lebih lengkap lagi dengan gambar yang baik juga

    BalasHapus
  14. Dyah

    Mohon infonya dimana saya bisa memperoleh sampel batuan konglomerat dan granit u/tugas sekolah anak saya (SMP)

    email: dyah.maryu@hotmail.com

    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  15. So, even though the links of london wedding attire is given the prime links jewellery focus, it is important to look into links of london uk issues like the choice of hair and make-up, cheap links of london shoes that compliment the attire and links london jewellery other such seemingly trivial yet very cheap watch charm important details.Things to Look Out for friendship bracelets by choosing, shoes that compliment your sweetie bracelets uk wedding attire perfectly. Make sure to not only Links london Chains focus on the look of the shoe but to also pay links london pendants attention to the material of the shoe.

    BalasHapus
  16. tq ya... makasih bgt.

    BalasHapus
  17. makacih ya..........

    BalasHapus
  18. firstka smp 16 sby23 September, 2011 07:12

    makasih ya buat tugas ku

    BalasHapus
  19. makasih om
    hmhmhm

    BalasHapus
  20. makasiih bngt. info ny hebat! tw gak, dritdi aku keliling muter2 (?) nyari info pd gak ada. akhrnya nyampe d blog ino. makasiiiih :3

    BalasHapus
  21. mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaassssssssssssssssssssssssssssssssssssssiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    BalasHapus
  22. ijin comot ya bro, buat tugas geo
    thanks

    BalasHapus
  23. makasih atas infox akhirx aku dpt jg hmmmmmmmmmmmmm makasihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh bangettttttttttttttttttttttttttttt

    BalasHapus
  24. Mkasih ya .. bermanfaat banget .. trus juga lengkap

    BalasHapus